CO

By AMSA-Unsyiah - April 25, 2022

 

AMSA ACTION DAY 2022

Asian Medical Student’s Association (AMSA)-USK telah mengadakan AMSA Action Day (AAD) selama tiga hari, yaitu pada tanggal 20, 26, dan 27 Maret 2022 di Kecamatan Mesjid Raya. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian AMSA-USK kepada masyarakat di beberapa daerah yang membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya, terdiri atas tiga agenda utama, diantaranya Homeostasis (Healthy Movement Starts from Us), Kolostrum (Kelas Sharing Nutrisi Ibu Hamil) dan Sirkumsisi atau sunatan massal.

Acara AAD dimulai dengan kegiatan Homeostasis yang diadakan pada hari Minggu, 20 Maret 2022 di Lapangan Perumahan Buddha Tzu Chi, Gp. Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya. Kegiatan yang dilaksanakan berupa bazar kesehatan (pengobatan gratis oleh dokter umum) dengan mengangkat tema “Ketahui Kondisi Kesehatan Anda: Deteksi Awal, Cegah Sejak Dini”. Acara ini diadakan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB dan dihadiri oleh 144 peserta.

Sabtu, 26 Maret 2022 diadakan kegiatan Kolustrum (Kelas Sharing Nutrisi Ibu Hamil) di Puskesmas Masjid Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar berupa penyuluhan tentang pentingnya kesehatan ibu hamil dan pemeriksaan kehamilan oleh dokter spesialis obgyn RSUDZA berupa Antenatal Care, Leopold, dan USG yang dihadiri oleh 37 ibu hamil.

                            

Pada hari Minggu, 27 Maret 2022 diadakan kegiatan Sirkumsisi (Sunatan Massal) di Puskesmas Mesjid Raya dihadiri 43 anak dengan bantuan dari dokter spesialis bedah RSUDZA.

                            

Kegiatan ini melibatkan hampir 500 masyarakat Kecamatan Mesjid Raya, diantaranya 197 peserta senam, 144 peserta pengobatan massal, 58 keluarga (Home Visit), 37 ibu hamil, 43 peserta sunat massal. Diharapakan dengan diadakannya AAD 2022 ini, bisa meningkatkan kesehatan dan pemahaman masyarakat di Kecamatan Mesjid Raya mengenai penyakit degeneratif, meningkatkan taraf kesehatan dan kepedulian masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil serta melakukan sirkumsisi atau sunnatan massal menjelang bulan Ramadhan bagi masyarakat di Kecamatan Mesjid Raya.


  • Share:

You Might Also Like

0 comments