AMSA Academic Competition 2021 (AAC 2021)

By AMSA-Unsyiah - May 24, 2021

 AMSA Academic Competition 2021 - Debate Competition : “CT-SCAN" (Critical Thinking on Scientific Contention in Argument)


AMSA Academic Competition merupakan suatu kompetisi yang diselenggarakan oleh Department Academic AMSA-Unsyiah. Pada tahun 2021 AMSA Academic Competition atau yang disingkat dengan AAC mengambil cabang kompetisi berupa debat dengan tema  “CT-SCAN" (Critical Thinking on Scientific Contention in Argument). Kompetisi berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 6-7 Maret 2021 yang berlangsung via online melalui aplikasi Teleconference Zoom Meeting. 

Kompetisi debat Bahasa Inggris ini ditujukan untuk siswa/i SMA di Provinsi Aceh, dari hasil open registration terdapat 16 team yang terdaftar sebagai peserta, beberapa diantaranya yaitu :  SMAN 10 Fajar Harapan, SMAN 2 Banda Aceh, SMA Methodist Banda Aceh A, SMA Methodist Banda Aceh B, dan SMAN 1 Tapaktuan. Setiap tim terdiri dari 3 anggota dimana setiap anggota akan berperan sebagai first speaker, second speaker, dan third speaker. Kompetisi debat Bahasa Inggris ini menggunakan gaya Asian Parliamentary dengan sistem prelim.

Setiap pertandingan debat, akan melibatkan 2 tim yang bertanding dengan 1 motion debat yang sudah diumumkan pada saat technical meeting. Setelah iut, juri akan memberikan poin dan membuat peringkat untuk menentukan 8 tim yang lolos ke perempat final. Selanjutnya 8 tim yang lolos ke perempat final tersebut akan kembali bertanding dengan 1 motion, pemenang terdiri dari 4 tim yang akan masuk ke babak semifinal. Beranjak dari semifinal. didapatkan 2 pemenang yang akan bertanding di babak final. 2 Tim yang kalah pada babak semifinal akan bertanding untuk memperebutkan peringkat ke-3 kompetisi ini. Selain itu, juga terdapat penghargaan yang akan diberikan kepada peserta dengan skor substantive speech tertinggi pada babak preliminary round, yaitu penghargaan Best Speaker.




Beberapa tujuan dilaksanakannya kompetisi debat ini yaitu : 
1. Memperkenalkan FK USK (Universitas Syiah Kuala) kepada seluruh peserta SMA di Provinsi Aceh serta menarik minat para peserta untuk melanjutkan pendidikan di FK USK.

2. Mewujudkan peran AMSA-Unsyiah dalam meningkatkan pendidikan khususnya di bidang Bahasa Inggris.

3. Menanamkan semangat berkompetisi dan sportifitas kepada para siswa/i di seluruh Provinsi Aceh.

4. Menguji serta mengasah kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris pada mahasiswa serta siswa/i SMA di Provinsi Aceh dengan mengangkat isu-isu atau permasalahan terkini.

AMSA Academic Competition tahun 2021 dengan tema Debate Competition : “CT-SCAN" (Critical Thinking on Scientific Contention in Argument) ini dimenangkan oleh SMAN Modal Bangsa Arun (Juara 1), SMAN 3 Banda Aceh (Juara 2), SMAN 10 Fajar Harapan (Juara 3) serta Best Speaker diraih oleh Putri Sandra Atqia. Pemenang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat.




Struktur kepanitiaan AMSA Academic Competition 2021 yaitu Mailani Nisyra sebagai Ketua Panitia, Khairun Najda sebagai Sekretaris Umum, Erna Rahmwati sebagai Bendahara. Serta juga terdapat 3 Koordinator, diantaranya yaitu Zhafira Inayah Surya (Koordinator Acara), Teuku Fasya Maulana (Koordinator Hubugnan Masyarakat), Putri Balqis (Koordinator Kesekretariatan) dan Aldiansyah (Koordinator Publikasi dan Dokumentasi).

'They Call it Organization,
We Call it Family.'
Viva AMSA !





  • Share:

You Might Also Like

0 comments