By AMSA-Unsyiah - June 16, 2022

 EOTY AMSA-USK 2022 

Hormone: “ How to Prevent Stunting from Early Life”

    Event of the Year (EOTY) merupakan program kerja sosial tahunan dari AMSA-Indonesia yang akan dilaksanakan oleh setiap AMSA-Universitas, EOTY pada kepengurusan tahun 2021/2022 mengangkat tema seputar “Kesehatan Ibu dan Anak” yang dikolaborasikan dengan beberapa pentingnya pengetahuan terkait stunting dan pentingnya gizi yang baik bagi ibu dan anak. Tahun ini AMSA-USK melaksanakan kegiatan EOTY dengan nama acaranya yaitu “Hormone : How To Prevent Stunting From Early Life”. Peserta pada kegiatan ini adalah masyarakat umum berusia minimal 21 tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui. 

    Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menekankan bagaimana pentingnya kontribusi dalam mengatasi masalah stunting terutama di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membuka dan menambah wawasan kepada masyarakat mengenai peningkatan kesehatan ibu dan anak serta pencegahan stunting. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya pemberian Air Susu Ibu (ASI) bagi anak serta pentingnya makanan dengan gizi seimbang bagi kesehatan ibu dan anak untuk pencegahan stunting. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para ibu sehingga dapat mencegah terjadinya stunting.

    Dalam rangkaiannya, Kegiatan ini terbagi atas 3 bagian, yaitu pre-event, hari besar, dan follow-up. Pre-event yang dimulai dari tanggal 18 April - 6 Mei 2022 berisikan kegiatan campaign melalui feeds Instagram, photography competition, dan pengumpulan dana donasi. Pada hari besar, akan dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan berupa talkshow. Serta Follow-up terkait materi yang telah diberikan pada peserta akan dilakukan sebanyak 2 kali, dimana pada setiap follow-up peserta akan diarahkan untuk mengingat kembali materi yang telah diberikan. 

    Talkshow dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2022. Acara ini dipandu oleh moderator yaitu Balqis Syahrizal selaku Member AMSA-USK dan MC yaitu Siti Tamita Datachi selaku observer AMSA-USK. Acara talkshow ini terdiri atas dua materi utama yaitu “Pahami ASI dan MPASI Dengan Tepat untuk Mencegah Stunting” dan “Gizi Ibu Hamil dan Menyusui dalam Mencegah Stunting”. Acara dibuka oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala yaitu Muhammad Rais Shiddiq, dilanjutkan oleh kata sambutan dari Secretary of Community Outreach AMSA-Indonesia yaitu Shuffa Chilla Mayhana.

    Sebelum memulai talkshow, peserta diminta untuk mengerjakan pre-test terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada pemateri yaitu dr. Aslinar, Sp.A, M.Biomed dan dr. Mutia Winanda, M.Gizi, Sp.GK. Pertanyaan yang diajukan berupa pertanyaan seputar stunting dan cara pencegahannya, serta gizi dan pemberian ASI dan MPASI yang tepat untuk dapat mencegah stunting. Setelah sesi talkshow selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta kepada pemateri. Diharapkan dengan adanya talkshow ini dapat menambah pengetahuan, pemahaman dan peningkatan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan ibu dan anak. Setelah sesi tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan pengerjaan post-test dan ice breaking yang dipandu oleh MC yaitu Siti Tamita Datachi. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments