By AMSA-Unsyiah - March 20, 2022

 National Exchange


    AMSA-USK telah mengadakan kegiatan National Exchange yang merupakan pertukaran pelajar nasional dari member AMSA-USK, AMSA-Untar, AMSA-Untad. Kali ini AMSA-USK menjadi tuan rumah pertama dengan tema GLIDE "Get to Know Disaster Relief Medicine", pada Sabtu, 5 Maret 2022. 

    Kegiatan ini merupakan rangkaian pertama dari acara CREATE (Consolidating Diversity Through Collaboration) tahun 2022 yang dicanangkan dan dikhususkan bagi member AMSA - Universitas Syiah Kuala beserta AMSA - Universitas Tarumanegara dan AMSA - Universitas Tadulako selaku universitas kolaborasi. GLIDE (Get to Know Disaster Relief Medicine), diadakan dengan tiga fokus utama, yaitu Academic Session, Sociocultural Session, dan Community Service Session. Kegiatan ini terdiri dari lebih dari 15 rangkaian acara serta melibatkan 60 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran dan merupakan member AMSA yang terpilih sebagai delegasi dari ketiga universitas yang saling berkolaborasi tersebut. 

    Salah satu rangkaian acara dalam pelaksanaan GLIDE ini adalah Grand Lecture dengan judul “Disaster Management: Medical Professional Perspective”. Sesi Academic ini terdiri atas penyampaian materi oleh Dr. dr. Safrizal Rahman, M.Kes, Sp.OT, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion di breakout room, lalu ditutup dengan games yang masih terkait dengan Disaster Relief Medicine. 

    Selain itu, kegiatan ini juga terdiri dari rangkaian acara seperti, 1001 Acehnese Cuisine dalam rangka memperkenalkan kuliner khas Aceh, Meuhim Bahasa Aceh yang bertujuan sebagai media belajar bahasa Aceh bagi para delegasi, Campaign yang dilakukan sebelum acara oleh para peserta terkait kebencanaan, serta Friendship Hour untuk mempererat relasi delegasi satu sama lain. 

    Tidak hanya pertemuan semata, kegiatan kerja sama trilateral ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi member AMSA yang berpartisipasi agar dapat menjalin interaksi antar sesama, memperkaya pengetahuan terutama terkait grand theme yaitu manajemen kebencanaan, dan mendapat pengalaman baru.






  • Share:

You Might Also Like

0 comments