By AMSA-Unsyiah - June 17, 2022

 SARCOMA AMSA-USK 2022

    SARCOMA ( Scientific Research and Academic Competition ) merupakan sebuah kompetisi skala nasional pertama yang diselenggarakan oleh AMSA-USK di bidang research sebagai wadah penyaluran bakat dan potensi mahasiswa/i dari berbagai universitas di Indonesia. SARCOMA juga berperan dalam meningkatkan minat mahasiswa/i kedokteran di bidang research yang merupakan ilmu dasar yang harus dimiliki dan diminati mahasiswa kedokteran khususnya agar dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan sebagai dokter/tenaga kesehatan di masa depan. SARCOMA dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 dengan bertemakan “Strategi dan Langkah Aksi Pengembangan Terapi Sebagai Upaya Pencegahan & Pengendalian Kanker”. 

    Pada Rangkaian acara SARCOMA terdapat tiga rangkaian acara utama, Opening Ceremony, Main Event ( Presentasi Finalis ), dan Closing Ceremony ( Pengumuman pemenang ) . Untuk bidang perlombaanya terdapat dua bidang, Scientific Paper ( Literature Review ) dan Public Poster . Kompetisi ini dimulai dengan registrasi peserta , lalu pengumpulan karya, dilanjutkan dengan penilaian karya oleh juri-juri yang tentunya ahli dibidangnya. Juri untuk bidang Scientific Paper ( Literature Review ) antara lain, dr. Mudatsir, M.Kes, Dr. dr. Reno Keumalazia Kamarlis, Sp.PA (K), dan dr. Ziske Maritska, M.Si., Med. Juri bidang Public Poster antara lain, dr. Sofia, S.Si., M.Sc, dr. Decky Aditya Zulkarnain, dan dr. Ichsan, M.Sc., Sp.KKLP. Participants pada ajang kompetisi SARCOMA AMSA-USK 2022 berasal dari berbagai Universitas, antara lain, Universitas Indonesia ( UI ), UPN Veteran Jakarta, Universitas Padjajaran ( UNPAD ) dan Universitas Syiah Kuala.


    Dokumentasi di atas merupakan dokumentasi kegiatan SARCOMA saat sesi Opening Ceremony dan Foto Bersama saat sesi Closing Ceremony. Opening Ceremony SARCOMA AMSA-USK 2022 diakhiri dengan kata sambutan sekaligus pembukaan secara simbolis oleh wakil dekan lll Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, dr. Subhan Rio Pamungkas, Sp. KJ (K). Pada sesi ini , semua participants yang menajadi finalis ikut berhadir untuk memeriahkan acara. Setelah itu dilanjutkan ke Main Event, dimana para finalis bergabung ke dalam breakout room yang telah disediakan panitia sesuai jadwal dan kesepakatan pada saat Technical Meeting.

    Presentasi dimulai dengan perkenalan anggota tim secara umum, lalu dilanjutkan ke pemaparan hasil karya yang dikumpulkan dengan tampilan power point selama 15 menit dan sesi Tanya jawab 10 menit oleh juri-juri perbidangnya. Juri menilai langsung performa presentasi participants didalam gform penilaian untuk dilakukan kalkulasi penilaian perbidang nantinya. Berikut dokumentasi sesi presentasi hasil karya salah satu tim di bidang Scientific Paper , berasal dari FK UNPAD

    Pengumuman pemenang dilakukan pada saat Closing Ceremony. Dimana diumumkannya tiga juara dari masing-masing bidang . Pada bidang Scientific Paper ( Literature Review ),  Juara 1 diraih oleh Tim dari FK UI yang beranggotakan Bryanna Infinita Laviashna Saputro, Indira Laksmi Maharani, dan Diski Saisa, mendapatkan hadiah senilai satu juta rupiah,  Juara 2 diraih oleh Tim FK UI yang beranggotakan Nadine Aurelie dan Taris Zahratul Afifah, mendapatkan hadiah senilai tujuh ratus lima puluh ribu rupiah, dan Juara 3 diraih oleh Tim FK USK yang beranggotakan Hidayaturrahmah dan Haya Mahira Sajida, mendapatkan hadiah senilai enam ratus lima puluh ribu rupiah. Pada bidang Public Poster, Juara 1 diraih oleh Tim FK UNPAD yang beranggotakan, Keisha Hanifal Alma Mayra, Marsha Nurhaliza Patrisa, dan Nashwa Tazkia Roesli,  mendapatkan hadiah senilai delapan ratus ribu rupiah, Juara 2 diraih oleh Tim FK UI yang beranggotakan, Farhan Alief Waluyo, Clarisa Celine Salim, dan Muhammad Rosyidan Rohman,  mendapatkan hadiah senilai enam ratus lima puluh ribu rupiah , Juara 3 diraih oleh Tim FK UPN Veteran Jakarta yang beranggotakan, Theresia Leonita, Claudia Sabrina Wilhelmina Sidabutar, dan Cheryn Adelina Shakila mendapatkan hadiah senilai lima ratus lima puluh ribu rupiah. Dengan suksesnya keberlangsungan kegiatan ini, Departemen Research and Academic AMSA-USK 21/22 mengucapkan terimakasih banyak kepada  seluruh pihak yang sudah berpartisipasi aktif menyukseskan dan memeriahkan ajang kompetisi SARCOMA AMSA-USK 2022.

Terlampir susunan kepanitiaan SARCOMA AMSA-USK 2022 sebagai berikut,

Project Officer : Fashiha Qurrotul Aini

Sekretaris : Cut Salsabila Mahfiza

Bendahara : Namira Salsabila Ginting

Divisi Acara

Ketua Divisi : Amalia Nanda Mutia

Wakil Ketua Divisi : Dea Vanessa

Kasubdiv Debat : T.M Farras Deyarabi

Kasubdiv Speech : Fadhli Munif

Kasubdiv Scientific paper: Garsia Safana

Kasubdiv Public Poster : M. Zahrul Rahmatillah

Anggota : Almira Alya Nafisha

Uswatul Fajri

Avela Mauriza

Ratu Aprilia

Mardhatillah

Ghina Nasywa

Puan Jasmine

Shafira Rofidiya

Syahdilla Putri Aninda

Atika Mawaddah

Azka Mawaddah

Divisi Humas

Ketua Divisi : Wardhiatul Fuandina Usha

Wakil Ketua Divisi : Muhammad Yusril

Anggota : M. Ichsan marzatillah

Febi Revia Nanda

Ghina Tsurayya

M.Afif Mutawakkil

Syaula Rahmadina

Cut Yazka Ruzika

Reina Rizqia

Aghla Amwalana

Divisi Kestari

Ketua Divisi : Rianty Harliani

Wakil Ketua Divisi : Tifani Assa

Anggota : Nadya Putri Yunalis

Irchi Amanda

Ananda Raudhatul Ula

Zhafran Trashadi

Divisi Publikasi dan Dokumentasi

Ketua Divisi : Salsabila Mutiara Utami

Wakil Ketua Divisi : Nadya Rahmah

Anggota : Silvia Ruli Andini

Aulia Azzahra

Khaira Aulia Yusra

Raihan Syakirah

M Husaini Alfarazi

Iffa Adilla

Alya Shabrina

Divisi Pendanaan

Ketua Divisi : Richard Ayman Safwan

Wakil Ketua Divisi : Aqila Putroe Andhara

Anggota : Cut Aja Putri Alifa

Clara Fidella

Hafifatunnur

M Ridha Athallah


  • Share:

You Might Also Like

0 comments