CO

By AMSA-Unsyiah - December 29, 2021

 

Azithromycin (Awas Resistensi Antibiotik di masa Pandemi COVID-19)

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pencegahan resistensi antibiotik dengan mengonsumsi antibiotik hanya dengan resep dokter dan cara isolasi mandiri yang baik.

Kegiatan ini merupakan bentuk peran aktif AMSA-USK kepada masyarakat umum dan tenaga medis dalam meningkatkan pemahaman mengenai resistensi antibiotic terutama di masa pandemic Covid-19 ini. Kegiatan ini terdiri atas dua agenda utama, diantaranya diskusi publik untuk masyarakat umum yang diadakan tanggal 14 November 2021 dan webinar khusus tenaga medis dan mahasiswa kedokteran pada 12 Desember 2021.

Azithromycin I (Diskusi Publik) mengangkat tema “Pasien Covid-19, Isolasi Mandiri di Rumah dan Beli Antibiotik Sendiri, boleh ngga ya?” dilaksanakan pada 14 November 2021 via Zoom Meeting. Acara ini dipandu oleh dr. Salwiyadi, Sp. PD selaku alumni member AMSA-USK. Acara diskusi publik ini berlangsung dengan mengundang dua pembicara yaitu, dr. Ichsan, M.Sc., Sp. KKLP dan Prof. Dr. dr. Kurnia Fitri Jamil, M.Kes., Sp. PD., KPTI., FINASIM.

Diskusi publik yang dipandu oleh dr. Salwiyadi Sp. PD selaku moderator ini berlangsung dengan antusiasme penuh dari seluruh peserta yang berhadir. Pertanyaan-pertanyaan masyarakat yang terbilang cukup kritis dikarenakan mudahnya tersebar informasi hoax di saat ini menambah antusiasme kegiatan ini.

Adapun Azithromycin II diselenggarakan dalam bentuk webinar khusus untuk tenaga medis dan mahasiswa kedokteran. Webinar ini membahas dua materi utama yaitu “Pengendalian Resistensi Antibiotik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama” dan “Implementasi telemedicine untuk Mendukung Fasilitas Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19”. Peserta acara ini terdiri dari dokter, perawat atau bidan dan mahasiswa kedokteran di seluruh Indonesia.

Azithromycin II dilaksanakan pada 11 Desember 2021 via Zoom Meeting. Acara ini dipandu oleh dr. Shintia Aritha selaku alumni member AMSA-USK dengan mengundang dua pembicara yaitu, Prof. Dr. dr. Kuntaman MS., Sp. MK (K) selaku ketua PAMKI Indonesia (Perhimpunan Dokter Mikrobiologi Indonesia) dan Dewan Nasional Komite Program Pengendalian Resistensi Antimikroba, Kementrian Kesehatan RI) dan dr. Rovy Pratama selaku member PERDIGTI (Perhimpunan Kedokteran terintegrasi Indonesia) dan IDI Wilayah Aceh.  

Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC (Fashiha Q), pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ahmad Sa’id Mubarok, pemberian kata sambutan oleh ketua panitia (Shafara Maulani), Representative AMSA-USK (Medika Bintang N S), dan Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Dr. dr.  Dedy Syahrizal). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua PAMKI Cabang Aceh (Dr. dr. Zinatul Hayati Sp. MK (K))

Diharapakan dengan diadakannya Azithromycin (Awas Resistensi Antibiotik di masa Pandemi COVID-19) ini, bisa meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat umum tentang penggunaan antibiotik yang rasional terutama di masa pandemi Covid-19. Selain itu diharapakn dengan pelaksanaan kegiatan ini bisa meningkatkan pemahaman para tenaga medis dan mahasiswa kedokteran akan tindakan medis yang sesuai, terutama dalam pemberian antibioktik sehingga bisa menurunkan kasus resistensi yang terjadi.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments