CO

By AMSA-Unsyiah - November 12, 2021

 

Haloform

Healthy Life for Myself

    Haloform (Healthy Life for Myself)  merupakan sebuah acara webinar yang diselenggarakan oleh AMSA-USK yang membahas mengenai pencegahan obesitas dan diabetes serta mengatur pola hidup sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pencegahan obesitas, diabetes dan gaya hidup sehat. Materi yang diberikan dikemas dengan bahasa dan gambar yang mudah dimengerti berbagai kalangan.

    Haloform dilaksanakan pada 31 Oktober 2021 via Zoom Meeting. Acara ini dipandu oleh moderator yaitu dr. Salsabila Charissa selaku alumni member AMSA-USK dan Master of Ceremony yaitu Alqa Jibral Yulfan. Acara webinar ini terdiri atas dua subtema yaitu “Cegah Obesitas Mulai dari Aku” dan “Aku Vs Mager: Strategi Melawan Obesitas”. Kegiatan ini diadakan dengan mengundang dua narasumber yaitu dr. Sarah Firdausa M.Md.Sc., Sp. PD dan dr. Arti Indira, M.Gz, Sp.GK, FINEM.

    Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Hanapi Maulana, pemberian kata sambutan oleh ketua panitia (Fadhli Munif), Representative AMSA-USK (Medika Bintang N S), dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KGH, FINASIM) sekaligus menjadi tanda dibukanya acara ini.

    Webinar materi pertama mengenai “Cegah Obesitas Mulai dari Aku” disampaikan oleh dr. Sarah Firdausa M.Md.Sc., Sp. PD membahas mengenai apa itu obesitas dan diabetes, cara mencegahan pada orang yang sehat dan mencegah komplikasi bagi yang sedang mengalami obesitas dan diabetes, faktor risiko, gejala dan lain-lain. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab.  Para peserta antusias dalam bertanya, karena materi yang disampaikan menarik dan sering dijumpai sehari-hari. Dengan diadakannya materi ini, diharapkan peserta dapat mengenal lebih lanjut mengenai obesitas dan diabetes, serta bisa mencegah terjadinya penyakit ini dan keparahan lebih lanjut. Setelah tanyajawab berakhir, dilanjutkan dengan Ice Breaking yang dipandu oleh Alqa Jibral Yulfan.

    Webinar materi kedua mengenai “Aku Vs mager: Strategi Melawan Obesitas” disampaikan oleh dr. Arti Indira, M.Gz, Sp.GK, FINEM membahas mengenai strategi melawan obesitas dan diabetes, terkhusus pada pengaturan gizi dan aktivitas fisik. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjukan dengan sesi Tanya jawab dan foto bersama. Pada kegiatan ini diadakan pretest-posttest untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah acara dilaksanakan. Soal pretest dan posttest telah disesuaikan dengan kurikulum intervensi AMSA-Indonesia Blueprint. Materi penyuluhan pada acara ini dikemas dalam dua video edukasi dan di share ke sosial media AMSA-USK.

    Acara Haloform (Healthy Life for Myself) diselenggarakan oleh Departement of Community Outreach AMSA-USK. Struktur kepanitiaan acara yaitu DPH terdiri dari ketua pelaksana: Fadhli Munif, sekretaris: Farhatani R Badar. Presidium terdiri dari kadiv acara: Ukhti Azilmi, wakadiv acara: Dany Azhari, kadiv humas: Zelin Khaerini Lubis, wakadiv humas: Putri Rahmah, kadiv kestari: M. Zahrul Rahmatillah, wakadiv kestari: Nurul Huda Harianja, kadiv pubdok: Khansa Nabila Hakim, wakadiv pubdok: Rafif Irfan Maulana. Terima kasih atas partisipasinya, sampai berjumpa di acara AMSA selanjutnya!






  • Share:

You Might Also Like

0 comments